20 OCT 2023 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 385 DILIHAT

5 Penyebab Bercak Hitam

Bercak atau flek hitam yang tiba-tiba muncul memang mengganggu penampilan.
Cari tahu, yuk, apa saja penyebabnya dan bagaimana menghindarinya.

  1. Paparan sinar matahari berlebihan
    Penyebab bintik atau bercak hitam nomor satu adalah akibat sinar matahari. Paparan sinar matahari langsung pada kulit dapat mendorong kulit memproduksi lebih banyak melanin yang kemudian menyebabkan banyak munculnya bercak hitam.

  2. Perubahan hormon
    Saat hamil, hormon estrogen dan progesteron pada wanita akan meningkat drastis. Kondisi ini kemudian memicu munculnya bintik/bercak hitam di beberapa area tubuh termasuk wajah yang semakin diperburuk dengan paparan sinar matahari langsung. Namun jika masa kehamilan telah usai, kondisi kulit ibu biasanya akan kembali normal.

  3. Bekas jerawat
    Jerawat yang tidak ditangani dengan baik dapat meninggalkan bekas berupa bercak/vlek hitam yang sulit dihilangkan. Hal ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan memencet jerawat karena dirasa mengganggu penampilan.

  4. Kosmetik yang tidak cocok
    Penggunaan kosmetik yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri, juga bisa menjadi penyebab munculnya bercak hitam. Merkuri memang bisa mencerahkan wajah secara instan, namun efek sampingnya sangat berbahaya bagi kulit dan bisa menimbulkan banyak vlek hitam.

  5. Polusi udara
    Kulit wajah yang setiap hari terpapar polusi udara juga sangat rentan mengalami vlek hitam. Iritasi pada kulit wajah akan menimbulkan peradangan yang merusak lapisan kulit. Akibatnya, produksi melanin terus meningkat dan menimbulkan noda atau vlek hitam di area wajah yang meradang.


Bagaimana mencegahnya?

Untuk mencegahnya, lindungi kulit dari paparan sinar matahari menggunakan tabir surya ber-SPF minimal 30, seperti Skin Nutrition Multi-Defense UV Protect SPF50+ yang memiliki perlindungan SPF 50+ dengan jangkauan yang luas.

  • Skin Nutrition Multi-Defense UV Protect SPF50+ mengandung Pearl Protein yang membantu menangani noda hitam, warna kulit tidak merata, dan kusam (diskolorasi kulit).
  • Dengan 3D Technology, teknologi unggul yang dapat mencegah dehidrasi dan mengurangi produksi melanin dengan mencapai permukaan kulit terdalam
  • Skin Nutrition Multi-Defense UV Protect SPF50+ mengandung Multiflora Blend yang merupakan campuran bunga sebagai antioksidan untuk mencerahkan dan melindungi kulit dari faktor lingkungan.
  • Dengan penggunaan rutin, Skin Nutrition Multi-Defense UV Protect SPF50+  tidak hanya melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan agresor eksternal, namun juga melembapkan wajah dan membuatnya terlihat cerah bercahaya.